Jasa perbaikan dan service serta instalasi genset panggilan yang terpercaya dengan harga yang pantas disertai tenaga kerja yang berpengalaman

Cara Kerja Mesin Diesel

· ·

cara-kerja-mesin-diesel-1

Pengertian, Prinsip Dan Cara Kerja Mesin Diesel


Prinsip dan sistem Cara Kerja Mesin Diesel tentunya sangat berbeda dengan cara kerja mesin bensin dilihat dari pemicu pembakaran bahan bakarnya. Pada mesin diesel ini, tidak  ditemukan adanya busi sebagai pemicu atau pemantik pembakaran seperti halnya pada mesin bensin.
 

Jika dilihat dari harga bahan bakarnya mesin diesel memiliki keunggulan karena solar lebih murah dibandingkan bensin. Karena keunggulannya ini lah mesin diesel banyak diminati meskipun untuk membeli kendaraan bermesin diesel biasanya cenderung lebih mahal.
 

Selain karena lebih hemat bahan bakar mesin ini mempunyai keunggulan lain yaitu mesinnya “bandel”tidak rewel dan awet. Mesin ini banyak digunakan untuk truk pengangkut barang yang membutuhkan tenaga besar untuk mengangkut barang dengan kapasitas yang besar dan banyak seperti dump truk, truk box, truk container, truk mixer beton dan masih banyak lagi.
 

Mesin diesel termasuk ke dalam mesin internal combustion engine atau mesin pembakaran dalam yang menggunakan tekanan sebagai pemicu terjadinya ledakan bahan bakar solar. Mesin ini sering juga disebut sebagai mesin penyalaan kompresi, hal ini disebabkan karena kenaikan suhu terjadi karena tekanan atau kompresi piston pada ruang mesin.
 

Beda halnya dengan mesin bensin, mesin diesel tidak memakai busi yang digunakan sebagai pemicu ledakan atau penyalaan bahan bakar. Oleh karenanya hal ini lah yang menjadi pembeda utama antara mesin bensin dan mesin diesel.
 

Sebagai gambaran, prinsip kerja mesin diesel yaitu piston memasukkan udara (murni tanpa bahan bakar) kedalam ruang bakar. Udara tersebut kemudian di tekan oleh piston mencapai suhu & tekanan tertentu. Di saat yg bersamaan dengan gerakan piston menuju titik mati atas (TMA), solar disemprotkan oleh injector ke dalam ruang bakar yang bertekanan tersebut.
 

Keadaan ini kemudian memicu ledakan partikel solar untuk menyala dan terjadi lah ledakan sehingga menghasilkan tenaga. Untuk memicu terjadinya ledakan suhu di dalam ruang bakar harus mencapai temperature yang tinggi berkisar 600°C (derajat celcius). Komponen yang membantu terjadinya proses pembakaran di dalam ruang bakar tsb adalah injector dan pompa injector.

cara-kerja-mesin-diesel-2

Siklus Kerja Mesin Diesel 4 Tak


Untuk mendapatkan 1 tenaga terdapat 4 langkah yang harus dilalui saat mesin ini bekerja, yaitu :
  1. Langkah isap. Yaitu saat udara masuk ke dalam ruang bakar melalui katup inlet yang terbuka. Kondisi ini terjadi saat piston bergerak turun dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB).  
  2. Langkah Kompresi. Yaitu proses pemampatan udara oleh piston saat bergerak dari TMB ke TMA (piston bergerak dari bawah ke atas). Pada fase ini kondisi katup baik katup isap dan katup buang dalam keadaan tertutup rapat sehingga tekanan dan suhu udara naik. 
  3. Langkah Kerja atau Tenaga. Pada fase ini udara yang bertekanan dan bersuhu tinggi tadi disemprotkan bahan bakar sehingga terjadi pembakaran dan ledakan sehingga piston tergerak ke bawah (TMB) karena ledakkan tadi dan memutar atau menggerakkan mesin.  
  4. Langkah Buang. Pada tahap ini hasil sisa dari pembakaran tadi dibuang melalui katup buang yang terbuka. Kondisi piston akan bergerak dari TMB ke TMA dan katup isap masih dalam keadaan tertutup.

animasi-cara-kerja-mesin-diesel
Animasi Sederhana Cara Kerja Mesin Diesel


Kelebihan Mesin Diesel 


Kendaraan bermesin diesel banyak diminati karena memiliki keunggulan dan kelebihan dibandingkan mesin bensin,seperti :
  • Karena tidak ada busi maka tidak perlu mengganti komponen busi, sehingga menghemat biaya pemeliharaan. 
  • Harga solar lebih murah dibandingkan bensin. 
  • Mesinnya lebih “bandel” dan terkenal awet.


Kelemahan Mesin Diesel


Tak ada gading yang tak retak,ungkapan ini juga berlaku untuk mesin diesel, walaupun memiliki kelebihan, namun mesin diesel juga mempunyai beberapa kekurangan, antara lain:
  • Start awal untuk memicu hidupnya mesin lebih berat, sehingga memerlukan kapasitas aki yang lebih besar. 
  • Getaran mesin lebih besar dibandingkan mesin bensin. 
  • Harga mesin diesel umumnya lebih mahal karena memerlukan konstruksi ruang bakar yang lebih tebal guna menahan tekanan yang besar. 
  • Resiko terjadi kerusakan pada pompa injector lebih besar jika mengalami kehabisan solar, karena selain bahan bakar solar juga berfungsi sebagai pelumas pada pompa injector.

Semoga penjelasan sederhana menggunakan gambar dan animasi mengenai prinsip dan Cara Kerja Mesin Diesel ini mudah dimengerti dan bisa bermanfaat untuk kita semua.