Jasa perbaikan dan service serta instalasi genset panggilan yang terpercaya dengan harga yang pantas disertai tenaga kerja yang berpengalaman

11 Tips Cara Perawatan Genset

· ·

tips-cara-perawatan-genset

11 Tips Cara Perawatan Genset Yang Tepat


Genset atau yang merupakan singkatan dari generator set merupakan sebuah alat yang terdiri dari sebuah mesin dan sebuah generator yang menghasilkan listrik dan banyak digunakan baik di kota, desa, pabrik, rumah sakit dan masih banyak lagi. Pemakaian genset sering terabaikan karena hanya terlihat disaat pemadaman listrik dimana kebutuhan listrik di zaman modern ini sangat utama. Supaya mesin ini bisa bekerja efektif dan awet disaat diperlukan dibutuhkan beberapa perawatan. Berikut ini akan kami berikan 11 Tips Cara Perawatan Genset yang baik.

1. Letakkan Genset Pada Tempat yang Rata & Kering. 


Letakkan-Genset-Pada-Tempat-Rata-Kering

Pada beberapa merk dan tipe genset, alat ini dilengkapi dengan dua atau empat buah roda untuk mempermudah pemindahan, oleh karena itu letakkan genset di permukaan lantai yang rata karena saat beroperasi alat ini memiliki getaran yang kuat. Selain itu letakkan alat ini diruangan yang beratap agar terlindungi dari hujan dan terik matahari yang bisa menyebabkan korsleting. 


2. Perhatikan Kebersihan Genset.


pastikan-genset-dalam-keadaan-bersih

Dengan selalu menjaga kebersihan genset, Anda akan mempunyai genset yang terlihat bagus dengan begitu diharapkan dapat bekerja dgn optimal. Jika ada kebocoran oli atau kebocoran radiator bisa cepat terdeteksi dengan baik. Bersihkan mesin ini dari oli & debu yang menempel secara teratur.  

3. Mengganti Spare Part yang Sudah Aus Karena Usia.


ganti-Spare-Part-Aus-karena-Usia

Di saat alat ini sudah dipakai dalam kurun waktu tertentu, ada satu atau beberapa komponen atau spare part yang sudah tidak bisa lagi bekerja dengan optimal, maka segera ganti spare part tsb sebelum merembet rusak ke komponen lainnya jika spare part tersebut tidak segera diganti. Bila sudah rusak dan membutuhkan jasa Service Genset Panggilan << segera klik link ini untuk perbaikan genset. Untuk mengetahui komponen apa dan waktu yang tepat untuk menggantinya Anda bisa membaca buku panduan atau manual booknya saat pertama kali membeli alat tsb.  

4. Letakkan di Ruangan yang Bersirkulasi Baik.


letakkan-genset-di-ruangan-bersirkulasi-baik

Saat genset beroperasi dan diletakkan diruangan tertentu, pastikan ruangan tsb mempunyai sirkulasi udara yang baik. Dengan sirkulasi ruangan yang baik, hal ini bertujuan untuk membuang gas buang (asap knalpot) beracun yang dihasilkan saat genset ini beroperasi. Selain itu dengan sirkulasi udara yang baik bermanfaat agar genset tidak mudah panas.  

5. Mengoperasikan Genset dengan Baik & Benar. 


baca-buku-manual

Di saat Anda akan menggunakan genset, baik yang bermesin bensin maupun yang bermesin diesel pastikan membaca buku petunjuk pengoperasiannya terlebih dahulu. Hal tsb utk memastikan bahwa Anda benar benar tahu bagaimana cara menggunakannya sehingga menghindari hal hal yg tdk diinginkan serta timbulnya kerusakan pada genset tsb. Konsultasikan terlebih dahulu kepada penjual genset tempat dimana anda membeli pertama kali.    

6. Matikan Genset Jika Terjadi Sesuatu yang Tidak Wajar.


Matikan-Genset-Jika-Terjadi-Sesuatu-tdk-wajar

Saat mesin genset sedang beroperasi, jika Anda mendengar sesuatu yang tidak wajar atau normal spt biasanya, misalkan mendengar suara keras melebihi suara pada kondisi biasanya atau getaran yang  keras dan kuat melebihi kondisi wajar spt biasanya segera matikan genset. Cek satu persatu kondisi fisik genset apakah ada kebocoran pada oli, air radiator dsbnya. Pastikan tangki bensin atau solar dalam keadaan tertutup rapat, jangan sampai kemasukkan benda apapun.  

7. Perhatikan Kabel Instrumen.


pastikan-kabel-instrumen-baik

Pada genset terdapat serangkain kabel yang harus dirawat dan dijaga dengan baik karena merupakan perlengkapan penting agar genset dapat bekerja dengan optimal. Periksa satu persatu kabel dari gigitan tikus, jika ada kabel yang rusak karena gigitan tikus segera ganti dengan yang baru. Jika perlu letakkan racun tikus apabila banyak berkeliaran tikus di tempat genset diletakkan.  

8. Periksa Kondisi Bahan Bakar. 


cek-kondisi-bahan-bakar

Sebelum genset digunakan periksa kondisi bahan bakar di dalam tangki penampungan, pastikan dalam keadaan cukup atau jika perlu dalam kondisi penuh. Buat Anda pengguna genset bermesin diesel pastikan solar dalam keadaan cukup atau penuh agar mesin tidak masuk angin.   

9. Cek Kondisi Air Aki.


periksa-kondisi-air-aki

Periksa kondisi air aki jika masih menggunakan aki basah, pastikan air aki berada di level optimum, jika kurang tambahkan menggunakan destilled water agar kinerjanya baik.  

10. Cek Kondisi Oli Mesin Secara Rutin.


periksa-kondisi-oli-mesin

Oli mesin yang baik sangat penting untuk keawetan mesin genset. Periksa kondisinya secara rutin dan ganti oli mesin jika kondisinya sudah mulai menghitam dan keruh atau jika volumenya sudah mulai berkurang dibawah normal.  Segera ganti oli mesinsetiap 6 bulan atau bila kondisinya sdh tdk normal.   

11. Panaskan Mesin Secara Teratur.


panaskan-mesin-secara-rutin

Hidupkan mesin genset secara rutin sebulan sekali dalam keadaan tidak terbebani listrik walaupun tidak ada pemadaman listrik. Hal tsb untuk memastikan bahwa mesin genset berfungsi dengan normal dan bertujuan untuk memanaskan genset dan mensirkulasikan olinya. 

Semoga 11 Tips Perawatan Genset Yang Tepat ini bermanfaat dan memberikan informasi yang berguna buat Anda para pemilik genset agar awet dan siap kerja saat dibutuhkan.