Jasa perbaikan dan service serta instalasi genset panggilan yang terpercaya dengan harga yang pantas disertai tenaga kerja yang berpengalaman

Cara Mengatasi Genset Diesel Masuk Angin

· ·

cara-mengatasi-genset-diesel-masuk-angin

Cara Kerja Mesin Diesel


Sebelum kami menjelaskan bagaimana Cara Mengatasi Genset Diesel Masuk Angin ada baiknya, kita tahu terlebih dahulu bagaimana cara kerja mesin diesel. Setelah membaca artikel ini, yang kami harapkan semoga performa genset Anda menjadi baik kembali.
 

Cara kerja mesin ini beda dengan mesin bensin dimana bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar bersama sama kemudian dikompres atau ditekan oleh piston dan diledakkan menggunakan busi lalu terjadi lah tenaga.

Pada mesin diesel piston hanya menghisap udara saja tanpa bahan bakar yang dikabutkan, kemudian di kompres atau ditekan oleh piston baru kemudian disemprotkan bahan bakar berupa solar dengan tekanan tinggi, sehingga terjadi ledakkan yang menghasilkan tenaga. Masuk angin yang terjadi pada genset bermesin diesel sangat tidak menguntungkan karena kerja mesin menjadi tersendat sendat yang menyebabkan tersendatnya putaran mesin yang bertugas sebagai pemutar generator penghasil listrik. 


Sendatan tersebut terjadi karena saluran penyalur bahan bakar solar yang menuju nozzle kemasukkan udara sehingga tekanan bahan bakar yang di tekan oleh pompa solar menjadi berkurang (tekanannya menjadi rendah). Berkurangnya tekanan tersebut menyebabkan semburan pada nozzle tidak bekerja dengan baik. 



Cara Mengatasinya


Untuk mengatasi problem ini ikuti petunjuk petunjuk yang sudah kami rangkum berikut ini :
  1. Memastikan solar pada tangki penampungan dalam keadaan penuh. 
  2. Cek semua saluran pipa solar yang menuju ke nozzle tidak ada yang bocor. 
  3. Kendorkan baut nepel pada pompa sedimen menggunakan kunci pas (lihat gambar A). 
  4. Selain dengan cara yang sudah kami jelaskan pada poin 3 diatas, bisa juga dengan cara mengendorkan baut yang terdapat pada (gambar B) diatas. 
  5. Hidupkan atau starter genset - / + selama 5 detik saat baut nepel masih dalam keadaan kendor. Ulangi beberapa kali sampai diyakini angin sudah keluar semua melalui baut nepel yang kendor tadi. Beri jedah beberapa waktu agar dinamo starter tidak terlalu panas. 
  6. Kencangkan kembali baut nepel nozzle.  
  7. Bersihkan & keringkan tumpahan dan cipratan solar yang tersembur melalui nozzle saat membuang angin tadi agar tidak mengotori lingkungan sekitar. 
  8. Hidupkan mesin untuk mencek hasil dari buang angin tadi. Mesin akan running dengan smooth atau langsam dan tidak tersendat sendat lagi.

Bagaimana..mudah bukan cara mengatasi mesin diesel genset yang masuk angin..? Bila petunjuk diatas sudah Anda lakukan tetapi mesin genset masih juga belum beroperasi dengan baik hubungi Jasa Service Genset << klik disini untuk perbaikan mesin yang dilakukan oleh tenaga yang ahli & sudah berpengalaman dibidangnya selama bertahun tahun. Semoga artikel ini berguna & bermanfaat, terima kasih.